Minggu, 05 Juni 2011

TEKNIK PEMILIHAN MEDIA TAMBAHAN ISI DALAM SILABUS



TEKNIK PEMILIHAN MEDIA

Pemilihan media
1.      Dasar Pertimbangan Dalam Pemilihan Media
a.      Alasan Teoritis
Proses pemilihan media menjadi penting karena kedudukan media yang strategia untukkeberhasilan pembelajaran. Alasan pokok pemilihan media dalam pembelajaran, karena didasari atas konsep pembelajaran sebagai suatu sistem yang didalamnya terdapat suatu totalitas yang terdiri atas sejumlah komponen yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan.
Media merupakan salah satu komponen utama dalam pembelajaran selain tujuan, materi, metode dan evaluasi maka sudah seharusnya dalam pembelajaran guru menggunakan media.
Kedudukan media dalam pembelajran tidak dapat dipisahkan dari keseluruhan sistem pembelajaran. Penggunaan media akan meningkatkan kebermaknaan (meaningful learning) hasil belajar.  Dengan demikian pemilihan media yang menjad penting artinya dan ini menjadi alasan teoritis mendasar dalam pemilihan media.

b.      Alasan Praktis
Terdapat beberapa penyebab orang memilih media dijelaskan oleh Arif Sadiman (1996:89):
·         Demonstration
Media daoat digunakan untuk mendemonstrasikan sebuah konsep, alat, objek, kegunaan, cara mengoperasikan dll. Media berfungsi sebagai alat peraga pembelajaran.
·         Familiarity
Karena sudah terbiasa menggunkaan media tersebut dan merasa sudah menguasai.
·         Clarity
Inginmemberikan gambaran/penjelasan yang lebih konkret
·         Active Learning
Guru dapat membuat siswa berperan aktif baik secara fisik, mental, emosional.
   
Guru sebagai pengguna harus dapat memilih media yang tepat dengan kebutuhan pembelajran sesuai dengan karakteristik siswa dan karakteristik materi pembelajaran. Arif Sadiman  (1996:85) mengemukakan beberapa pertimbangan yang dapat dijadikan rujukan untuk membeli media:
v  Apakah media yang dipilih itu relevan denga tujuan pembelajaran yang ingin dicapai?
v  Apakah disertai dengan buku manual atau sumber informasi tentang media tersebut?
v  Apakah perlu dibentuk tim ahli dan pengguna media untuk merevieu media tersebut?
v  Apakah terdapat media dipasaran yang telah divalidasi/uji coba?
v  Apakah media tersebut boleh direvieu terlebih dahulu?
v  Apakah terdapat format revieu yang seudah dibakukan?

2.      Kriteria Dalam Pemilihan Media
a.      Kriteria umum
Kriteria umum yang perlu diperhatikan dalam pemilihan media:
·         Kesesuaian dengan tujuan (Instructional Goals)
Perlu dikaji tujuan pembelajaran apa yang ingin dicapai dalam suatu kegiatan pembelajaran. Seperti dari kajian tujuan instruktusional umum (TIU) atau TIK bisa dianalisis media apa yang cocok guna mencapai tujuan tersebut.
·         Kesesuaian dengan materi pembelajaran (Instructional Content)
Yaitu bahan kajian apa yang akan diajarkan pada programpembelajaran tersebut.
·         Kesesuaian dengan karakteristik pembelajaran atau siswa.
Media haruslah familiar dansesuai dengan karakteristik guru/ siswa mencakup sesuai dengan kondisi fisik terutama kebefungsian alat indra, kemampuan awal siswa, budaya maupun kemampuan siswa.
·         Kesesuaian dengan teori
·         Kesesuaian dengan gaya belajar siswa
Media didasarkan atas kondisi psikologis siswa bahwa siswa belajar dipengaruhi pula oleh gaya belajar.
·         Kesesuaian dengan kondisi lingkungan, fasilitas pendukung dan waktu yang tersedia.

b.      Kriteria Khusus
Erikson (1993) memberi saran dalam mengembangkan kriteria pemilihan media dalam bentuk check list:
                      1)      Apakah materinya penting dan berguna bagi siswa?
2)      Apakah dapat menarik minat siswa untuk belajar?
3)      Apakah ada kaitannya danmengena secara langsung dengan tujuan pembelajaran?
4)      Bagaimana format penyajiaannya diatur? Apakah memnuhi tata urutan yang teratur?
5)      Bagaimana dengan materinya, mutakhir atau autentik?
6)      Apakah konsep dan kecermatannya terjamin secara jelas?
7)      Apakah isi dan presentasinya  memenuhi standar?
8)      Apakah penyajiannya objektif?
9)      Apakah bahannya memenuhi standar kuaitas teknik?
10)  Apakah bahantersebut sudah melalui pemantapan uji coba atau validasi?

Kriteria khusus lainnya dalam memilih pembelajaran yang tepat dirumuskan salam kata ACTION:
·         Acces : kemudahan akses menjadi pertimbangan pertama dalam memilih media. Apakah media yang kita perlukan itu tersedia, mudah dan dapat dimanfaatkan oleh murid?
·         Cost : biaya juga harus dipertimbangkan. Media efektif tidak selalu mahal jika guru kreatif dan menguasai betul materi pelajaran maka akan memanfaatkan objek-objek untuk dijadikan sebagai media dengan biaya yang murah tapi efektif.
·         Technology : teknologi juga harus diperhatikan apakah teknologinya tersedia dan mudah menggunakannya.
·         Interactivity : media yang baik adalah media yang dapat memunculkan komunikasi 2 arah.
·         Organization : diperlukan dukungan organisasi  misalnya pimpinan sekolah.
·         Novelty : media yang lebih baru biasanya lebih baik danlebih menarik bagi siswa.


Sumber:
            Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo.
            Sadiman, S Arief. Media Pendidikan. Jakarta: Grafindo.
_______. 2010. “Teknik pemilihan media”. http//ranjaya.blogspot.com//. Diakses tanggal 22 februari 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar